Sabtu, 11 Februari 2012

OOAD episode 1

Aslmkm Indonesia, selamat malam :D (saya membuat tulisan ini pada malam hari ketika MU vs liverpol skor 2-1) lho..

haha maap2 saya memang agag sedikit ngaco hari ini.. mungkin karena ada sedikit gangguan di kepala saya..sekali lagi maap untuk hari ini..

baiklah tak perlu panjang lebar karena saya juga sedang mempersingkat waktu karena ingin sesegera mungkin main dota



*UML adalah suatu notasi diagram. beberapa notasi akan berguna ketika dipakai nantinya. UML bukanlah sebuah metodologi.. (itu kata buku yang dibacakan dosen saya)

sedangkan di suatu sumber dengal link berikut ini http://itphp.wordpress.com/2011/02/20/uml/#more-15 dia bilang UML adalah suatu metode permodelan secara visual sebagai sarana untuk merancang dan membuat software berorientasi objek(di sini saya benar2 bingung + tidak mengerti)

===================================================================================
*OOD : prinsip dan pattern

ada 3 pertanyaan(dalam b.ing males untuk nyatetny) yang jelas ada satu pertanyaan seperti ini. "Bagaimana seharusnya suatu tanggung jawab diberikan pada kelas suatu objek?" dosen saya memberikan jawaban..., " objek diberikan tanggung jawab berdasarkan kontribusi yang dilakukan oleh objek itu terhadap objek lain(entah itu mengolah data milik objek lain ataupun memberikan informasi kepada objek lain)
====================================================================================

*definisi Analisis dan desain

-Analisis: Memahami permasalahan dan memetakan dalam bentuk model umum. dalam system engineering analisis itu adalah tahapan dalam memperoleh requirement

-Desain : bisa dikatakan solusi berupa diagram atau notasi yang dapat langsung diimplementasikan
====================================================================================
*OOAD
jadi OOAD itu?............(menurut saya ya hehe..) OOAD adalah memahami permasalahan yang terjadi dengan objek2 yang terlibat lalu memetakannya dalam bentuk model umum kemudian memberikan solusi berupa diagram atau notasi yang dapat langsung diimplementasikan..

===================================================================================
*Use Case
dikatakan juga skenario. contohnya dalam permainan dadu. use case nya adalah skenario dalam melakukan permainan itu.. bagaimana cara kita dapat bermain dadu dapat dilihat dari use case.
==================================================================================
*ada 3 bagaimana UML diaplikasikan
1. sketch
2.blueprint
3.programming language

untuk penjelasannya nantilah saya update karena saya juga tidak mengerti
====================================================================================
* 3 perspektif UML
1.konseptual
2.spesifikasi
3.Implementasi
====================================================================================


Oke, itu saja catatan OOAD saya hari ini semoga ilmu hari ini bisa kekal di kepala saya haha...




TUGAS: CARI TOPIK TUGAS KELOMPOK.... wew...

0 komentar:

Posting Komentar